Resep Membuat Bakso Sapi Isi Yang Kenyal Menggunakan Food Processor

Di postingan pertama ini saya akan share cara membuat pentol bakso yang enak dan kenyal dengan menggunakan food processor untuk gilingan dagingnya.

Kenapa bukan blender? Karena hasil gilingan food processor lebih halus daripada blender.

Cara ini bisa digunakan untuk membuat bakso tanpa isi, bakso isi daging sapi cincang atau juga bakso beranak yang kekinian.

Cara membuat bakso isi daging cincang dan resep bakso beranak

Silahkan jika ingin membuat bakso sendiri di rumah siapkan bahan-bahannya. Untuk menghaluskan dagingnya disini menggunakan food pricessor.

Bahan-bahan untuk pentol bakso :

~ 500 gram daging. Jangan berlemak
~ 10 siung bawang putih, haluskan
~ 1 sdm goreng bawang putih
~ 1/2 sdt soda kue
~ 100 gram tapioka
~ 50 ml putih telur
~ 150 ml es batu
~ Garam secukupnya

Bahan isian bakso :

~ 250 gr daging cincang
~ 1 sdt merica bubuk
~ 5 siung bawang putih, cincang halus
~ 5 siung bawang merah , cincang halus
~ 1 1/2 sdt garam (bisa disesuaikan)

Cara membuat isian bakso :

>> Bawang merah dan bawang putih ditumis hingga beraroma harum.

>> Tambahkan daging sapi cincang, aduk-aduk hingga rata.

>> Jika daging sudah berubah warnanya, tambahkan garam, merica dan air kira-kira 2100 ml. Aduk kembali hingga daging matang dan airnya mengering.

>> Jika sudah matang, sisihkan isian baksonya.

Cara membuat bakso :

>> Daging tanpa lemak dipotong kecil-kecil, kemudian giling dalam food processor bersama dengan 1/2 es batu sampai daging halus.

>> Jika sudah halus, tambahkan sisa es batu, bawang putih halus, garam, bawang putih goreng dan putih telur. Giling kembali.

>> Tambahkan tepung tapioka dan soda kue ke dalam adonan, kemudian giling hingga seperti pasta.

>> Pindahkan adonan ke dalam mangkuk dan sisihkan.

>> Rebus air hingga mendidih kemudian kecilkan api dan tunggu kira-kira 5 menit sampai airnya tidak terlalu panas. Sebab jika terlalu panas, adonan bakso akan pecah ketika dimasukan ke dalam air dan hasilnya pun kurang bagus.

>> Ambil segenggam adonan, lalu pencet antara telunjuk dan ibu jari. Kemudian ambil adonan yang muncul pakai sendok. Masukan ke dalam air.

>> Biarkan sampai terlihat mengapung. Itu menandakan bahwa bakso telah matang (ini untuk membuat bakso kecil tanpa isi).

Cara membuat bakso isi daging cincang

>> Untuk membuat bakso besar isi daging cincang, ambil adonan sebesar satu kepal tangan lalu simpan dalam telapak tangan dan tipiskan. (Jika ingin membuat bakso ukuran jumbo gunakan mangkok, lalu tipiskan).

>> Masukan daging cincang sekitar 2 sendok teh atau sesuai selera di tengahnya, lalu bulatkan kembali adonan yang telah diberi isian daging cincang.

>> Masukan ke dalam air panas tadi dan biarkan hingga bakso mengapung.

Cara membuat bakso beranak

>> Dan jika ingin membuat bakso beranak yang kekinian, caranya seperti membuat bakso isi daging cincang, tapi isiannya diganti dengan bakso-bakso kecil yang telah direbus terlebih dahulu dan telur puyuh.

Lakukan hingga adonan habis .

>> Jika semua bakso telah mengapung, besarkan api sedikit dan biarkan sekitar 5 menit hingga bakso matang sampai ke dalamnya.

>> Angkat bakso dan biarkan hingga dingin. Bakso siap disantap dengan kuah bakso dan pelengkapnya.

Demikianlah cara membuat bakso ala rumahan yang dijamin 100% halal, enak, kenyal dan higienis karena kita sendiri yang membuatnya.

Selamat mencoba...

Nantikan resep berikutnya....
OldestNewer

Post a Comment